Friday, September 29, 2017

Istilah-Istilah Dalam Android

Istilah-Istilah dalam android sebenarnya hampir sama seperti istilah dalam dunia komputer atau game, bahkan mungkin kalian sudah pernah mendengar istilah-istilah tersebut.  

 adb: Android Debug Bridge, sebuah peralatan serbaguna yg memungkinkan anda untuk mengatur keadaan dari contoh emulator atau alat bertenagakan Android.
BootLoop: secara mudah berarti sesuatu mencegah telpon dari menyelesaikan siklus boot dan terjebak di antara animasi boot dan unlock screen, menciptakan pengulangan animasi. Ini sering diperbaiki dengan memuat kembali sebuah Nandroid, atau mem-flash sebuah rom dari recovery.
Brick atau Bricked: Sebuah kondisi dimana Android anda tidak dapat diservice dengan mudah
Soft Brick: Kondisi dimana Android anda error karena kesalahan system, namun masih dapat dipulihkan dengan mudah, biasanya dengan flashing firmware
Bug atau Software Bug: sebuah kesalahan atau cacat dalam software atau firmware yang menghasilkan kegagalan atau hasil yang tidak terduga/diinginkan.  
BusyboxBusybox berfungsi untuk menambah perintah - perintah Android yang terbatas. Perintah tersebut bisa kita aplikasikan di terminal emulator. Fungsi busybox sangat penting bagi pengguna android yang suka 'ngoprek' atau 'ngulik', tapi tidak begitu penting bagi yang tidak suka otak-atik ponsel android. Busybox menambah file -file batch dasar linux seperti free, cmod, clear, modprobe,rmdir, dll yang sebelumnya belum ada di android.
ClockworkMod CWM : Sebuah progam recovery/restore system yang sering digunakan untuk memasang updates, ROM, atau membuat back-up atau restore sebuah data yang telah di backup.
Dex:  File .dex pada dasarnya adalah file yang sudah dikompile menjadi file aplikasi yang digunakan oleh Dalvik VM. Untuk lebih gampang mengingat, file .dex bisa diibaratkan dengan .exe di Windows.
ODEX: File .odex adalah file .dex yang sudah dioptimalisasi atau sudah mengalami pre-compile untuk kemudian dijalankan di firmware tertentu saja.
De-odex:  Deodex adalah proses mengembalikan kembali file .dex yang sebelumnya sudah dioptimalisasi (.odex) menjadi file .dex. Proses ini akan mengambil cache ODEX kemudian menyusun kembali menjadi file APK saja. Deodex memungkinkan proses pengeditan APK file menjadi lebih mudah. Singkatnya adalah proses pengepakan kembali APK dengan ODEX dengan cara tertentu. Proses pengepakan ini akan menjadi file dengan CLASSES.DEX. Dengan melakukan DeOdexing, semua paket dari APK yang sebelumnya terpisah di satukan kembali di satu file APK, sehingga menghilangkan kecemasan bahwa APK yang dimodifikasi akan konflik dengan beberapa file ODEX.Dengan kata laen, ROM yang telah DeODEXed, memiliki paket aplikasi yang telah di jadikan satu kembali dalam satu file APK, sehingga mengijinkan modifikasi pada file APK seperti perubahan tema. Karena tidak ada kode/bagian paket aplikasi yang lokasinya berbeda maka integritas paket tetap terjaga.
Dev. atau Android Developer: Sebuah perorangan/perusahaan yg menciptakan, atau membuat sebuah program/aplikasi pada Android
Flash : sebuah proses untuk menginstall ulang android

HH: HandHeld, Sebuah Android yang anda miliki
Mod: Aplikasi yang sudah dimodifikasi sesuai dengan keinginan dari modder / orang tersebut.
Nandroid atau Nandroid Backup: Sebuah file khusus yg diciptakan dalam program pemulihan khusus, seperti clockworkmod, yaitu salinan karbon dari apapun keadaaan telepom andam sebelum perubahan yang drastis dibuat. datanya dapat dipindahkan dari atau ke kartu SD untuk penggunaan nantinya jika sesuatu berjalan salah dalam ROM atau update, atau sebuat Boot Loop terjadi. 
Overclocking / Tweak / OC: Menaikan kecepatan CPU melebihi patokan dari pabrk untuk mencapai kinerja yang lebih cepat dan responsif
ROM: Read OnƖу Memory adalah bagian memori ponsel yang menyimpan file-file system dari perangkat kita. File-file inilah yang membentuk Sistem Operasi, baik itu di Windows Mobile OS, Android, Symbian, iOS, dan lainnya. Setiap perangkat elektronik pasti memiliki ROM ini untuk menyimpan fungsi-fungsi program dasar yang bisa dijalankan perangkat elektronik tersebut. Misalnya saja, televisi (TV) yang kita miliki pun pasti memiliki ROM untuk menyimpan fitur-fitur yang diberikannya. Pengaturan Channel, Menu, Volume, dsb dst. Dan sistem yang tersimpan di ROM inilah yang bisa digunakan untuk membuat peralatan kita menjadi “Out οf Thе Box”. Tanpa ROM, peralatan elektronnik tidak akan pernah ada.

Root: Kata-kata umum yg diasosiasikan dengan memberi pemakai akses “super user” ke pemrograman telepon mereka dan berbagai aspek lainnya yang secara normal tidak akan mungkin terjadi, juga diketahui sebagai “Jailbroken” untuk iPhone.
Shell or SSH: secure shell or ssh adalah sebuah jaringan protokol yang membolehkan data untuk bertukar menggunakan jalur yang aman di antara dua jaringan alat.
Stock ROM : ROM yang ada sejak membuka perangkat elektronik dari pembungkusnya sesaat setelah dibeli dari toko/distributor adalah Stock ROM, bisa disebut juga ROM orisinil. Dan ROM ini adalah official software yang diberikan Pabrikan perangkat elektronik yang disebut OEM (Original Equipment Manufacture).Apakah sudah paham, artinya Stock ROM ini bisa dikatakan stabil dan merupakan produk official dari perangkat android kita sendiri. 

Custom ROM:   Custom ROM adalah Stock ROM yang sudah dikustomisasi atau dikembangkan sesuai keinginan pengguna (dalam hal ini bisa disebut custom developer). Ditambahkan aplikasi, pengembangan fitur dan menu-menu yang ada, menghilangkan fitur dan aplikasi yang tidak dibutuhkan, dan sebagainya.  
SU: “Super User”, atau izin untuk menggunakan user root.
.apk atau APK’s: sebuah data ekstensi .apk menunjukan sebuah data Android Package (APK) , sebuah data .apk dapat dibuka dan dikaji ulang menggunakan alat arsip umum.
.tar: Serupa dengan sebuah data “zip”, sebuah data tar mengarsipkan berbagai data menjadi satu data.
.zip: Data Zipped digunakan untuk mengarsipkan berbagai data menjadi satu untuk menghemat tempat dan membolehkan pengunduhan tunggal.
.pit: Menangani pempartisian dari SD dalam.

Kingroot: Aplikasi untuk melakukan ROOT, Kingroot bisa melakukan rooting tanpa PC, tetapi tidak semua HH dapat diroot dengan aplikasi ini tanpa PC


TWRP : Team Win Recovery Project, Sebuah Recovery System yang saat ini banyak digunakan selain CWM Recovery.

Odin: alat flash untuk device SAMSUNG.

UBL : Unlock Boot Loader

Mi Unlock : Alat untuk Unlock Bootloader device Xiaomi.

0 comments:

Post a Comment